Santiana

Jalani dengan semangat tinggi, rasa syukur dan keikhlasan :)

Minggu, 11 Desember 2011

Orang-Orang Penting Penetu Kesuksesan Bisnis UKM

waaah, akuntan masuk urutan ke-3 :)

diambil dari detik finance:
Berikut ini adalah beberapa tips dikutip dari financialedge,Senin (12/12/11), mengenai cara mmebangun hubungan yang baik dengan beberapa pihak di bawah ini:


1. Karyawan

Meski kata 'hubungan' terlihat sedikit aneh jika dihubungkan antara bos dan karyawan, tapi hubungan ini sangatlah penting, bahkan lebih penting dari segala-galanya dalam bisnis. Karena karyawan yang sangat setia merupakan sumber daya yang paling berharga dalam bisnis UKM.

Waktu dan ajaran yang diberikan bos kepada karyawannya akan membuahkan imbal hasil yang setimpal. Karyawan yang merasa dihargai dan diperhatikan atasan bisa menghasilkan pekerjaan memuaskan diluar perkiraan anda.

Faktanya, karyawan mempresentasikan citra perusahaan kepada konsumen. Hubungan antara konsumen dan konsumen sangat tergantung interaksi dan pengalamannya dengan karyawan perusahaan tersebut.

Karyawan yang merasa senang bekerja di perusahaan anda pasti akan dengan sabar melayani konsumen sampai puas, puas dengan pekerjaannya dan tidak berniat untuk pindah ke tempat lain. Hal ini sangat penting anda perhatikan untuk mempertahankan karyawan anda sebaik mungkin tanpa sering terjadi pergantian.

Pasalnya, dengan keluar-masuk karyawan baru, tidak hanya akan menghabiskan waktu anda untuk melatih mereka, tetapi juga keluar biaya yang lumayan, belum potensi kerugian yang seharusnya bisa ditutupi oleh pekerjaan karyawan lama.

2. Bankir

Membangun hubungan dengan perbankan sangatlah diperlukan, tak hanya untuk kegiatan rutin menyimpan uang, tetapi juga diperlukan saat arus kas anda mulai menggemuk, berniat untuk membeli tempat baru, mencari kredit untuk modal kerja dan lain-lain.

Bankir yang akan memberi anda pinjaman harus mengenal baik bisnis anda terlebih dahulu, memahami sejarah perusahaan juga arah perusahaan itu ke depan sebelum akhirnya merestui ajuan kredit anda. Jika anda sudah membangun hubungan baik ini sejak lama, persetujuan kredit anda bisa dengan mudah diberikan.

Bahkan, jika anda sebelumnya pernah meminjam uang dan melunasinya tepat waktu, ini bisa menjadi rekam jejak yang baik bagi anda. Anda pasti tidak akan kesulitan jika di kemudian hari membutuhkan dana segar untuk keperluan bisnis.

3. Akuntan

Sebuah hubungan dengan akuntan wajib dimiliki para pelaku bisnis UKM yang berniat untuk maju. Dengan adanya bantuan akuntan anda akan lebih mudah membaca dan membuat laporan keuangan bisnis anda setiap bulannya. Dari situ bisa terlihat bagian mana yang terlalu boros dan bagian mana yang sudah menghasilkan uang paling banyak.

Selain itu, dengan memiliki akuntan profesional, kredibilitas bisnis anda akan lebih terangkat. Sehingga, anda akan lebih mudah mencari pinjaman modal ke bank.





untuk urutan ke-4 dan seterusnya ada Pengacara, Petugas Asuransi, Marketing Proffesional, Pelatih Bisnis bagi Karyawan, dan Spesialis TI.




By: Redaksi Detik Finance.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar